Senin, 13 Oktober 2014

The Information

PARA PENDERITA DISLEKSIA YANG POPULER

Sore hari setelah kebiasan pulang sekolah. ku manjakan tubuh dan berbaring sejenak, tiba-tiba pikirku langsung terpikir "enak juga baca berita di yahoo sambil santai n dengerin musik tentunya, langsung terbangun dari tidur dan ambil laptop mungilku. Setelah terpasang perangkat semuanya, oke siap online.

Tiba-tiba ada satu judul yang langsung tertuju, mendengar katanya saja aneh bagiku, saran kata-kata baru. Lalu ku baca with title   'Para Penderita Disleksia yg Populer'.  Wah seru juga ni ,,! terus saja di baca membuatku penasaran.

Para Penderita Disleksia yang Populer

Terlahir dengan gangguan saraf, penyandang disleksia memiliki kesulitan belajar dan mengolah kata, terutama kala membaca, menghitung, mengingat, dan mengeja. Beberapa di antara mereka bahkan terpaksa keluar dari sekolah alias  drop out  dan memilih mengikuti program belajar atau memanggil guru ke rumah.

Berbeda dengan gangguan belajar biasa, penyebab disleksia bukan kurangnya kecerdasan, tapi karena kelainan genetik pada individu dengan  Intelegency Quotient  (IQ) normal atau bahkan di atas rata-rata.

Pengajar psikolinguistik di Departemen Linguistik Universitas Indonesia, Harwintha Yuhria Anjarningsih mengatakan, pengidap disleksia memiliki kelebihan di bidang lain selain membaca dan menulis. Mereka cenderung baik di bidang lukis, musik, atau olahraga. "Potensi inilah yang harus dieksplorasi para guru dan orang tua," ujarnya, Sabtu, 6 September 2014. 

Dalam sejarah, beberapa pesohor seperti Leonardo da Vinci, Agatha Christie, dan Tom Cruise memiliki kesulitan belajar. Mereka melawan dan tak menyerah pada kenyataan. Perlahan tapi pasti, mereka pun sukses dalam karier. Berikut kisah pesohor pengidap disleksia, berdasarkan penelusuran Plasadana.com  untuk  Yahoo Indonesia.

1. Leonardo da Vinci (15 April 1452-2 Mei 1519)

sumber: Wikipedia
Leonardo da Vinci dikenal sebagai pelukis masyhur terutama lewat dua karyanya,  Mona Lisa  dan  The Last Supper.  Pria asal Tuscany, Italia, itu juga dikenal sebagai ilmuwan, ahli matematika, insinyur, pematung, arsitek, botanis, pemusik, dan penulis.

Di balik ketenarannya, pelukis bertangan kidal ini mengidap disleksia. Kondisi ini terkuak kala para peneliti mengamati sejumlah ide penemuan di buku harian Da Vinci yang tertulis terbalik, seperti saat melihat cermin. Bagi para peneliti, kemampuan menulis terbalik biasa dilakukan penderita disleksia bertangan kidal. Uniknya, pengidap disleksia tak menyadari jika cara menulis itu tak sama dengan orang kebanyakan.

2. Albert Einstein (14 Maret 1879-18 April 1955)

Kebanyakan orang mengenal Albert Einstein sebagai tokoh fisika paling penting abad ke-20. Tapi hanya sedikit saja yang mengetahui Einstein mengidap disleksia saat masih bersekolah. Pemikir kelahiran Ulm, Jerman itu memiliki memori buruk dan tak mampu mengingat hal sederhana. Akibat gangguan itu, Einstein pun dikeluarkan dari sekolah.

Mantan suami Mileva Maric memang tak mampu mengingat bulan dan tahun dengan tepat, tapi berhasil memecahkan rumus matematika paling rumit tanpa kesulitan apapun. Dia pun tak pernah belajar bagaimana mengikat tali sepatu dengan benar, tapi teori relativitasnya berpengaruh besar pada semua ilmu pengetahuan terkini.


Einstein berhasil mengatasi gangguan belajarnya lewat satu peristiwa yang tak disengaja. Suatu hari, sang ayah, Hermann Einstein, memberikan sebuah kompas. Einstein lantas mencari tahu sebab jarum di kompas itu bisa bergerak sendiri. Ia mulai mengutak-atik alat penunjuk arah itu dan merakitnya kembali. Dari situ, Einstein tertarik pada ilmu merakit barang dan belajar matematika.

3. Agatha Christie (15 September 1890-12 Januari 1976)

Kalau Anda menggemari cerita detektif Hercule Poirot dan Miss Marple, tentu tak asing dengan Agatha Christie. Ya, dialah penulis perempuan Inggris legendaris yang mengundang banyak decak kagum para pembaca dan kritikus sastra lewat cerita misterinya. 

Namun di balik kehebatan mengarang cerita, Christie menderita disleksia. Tapi ia tangguh melawan kesulitan belajar ini dengan terus berlatih menulis hingga melahirkan novel berkelas. 

Karyanya pun menginspirasi banyak penulis dan pembuat film. Menurut catatan Michael Fleming, editor film  Deadline Hollywood,  19 novel Christie telah teradaptasi menjadi film. Sementara novel And Then There Were None  tercatat dalam daftar buku dengan penjualan terbaik di abad ke-21. Karya Christie laris sampai empat miliar eksemplar.

Pemegang  Guinness Book World Records  itu menuturkan, "Sampai menjadi penulis pun saya masih sering kesulitan mengeja kata-kata dengan benar. Tapi untuk itulah gunanya ada editor, bukan? "Candanya. 

Menghadapi disleksia, istri Max Mallowan itu menyarankan agar para penyandang mampu menerima situasi itu dan fokus pada aktivitas yang bisa dilakukan. Sehingga mampu mengeksplorasi potensi dan bakat yang tersembunyi. 

4. Walter Elias Disney (5 Desember 1901 - 15 Desember 1966)

Nama Walter Elias Disney alias Walt Disney sangat kondang di dunia hiburan. Selain sebagai pengusaha, Walt adalah produser, sutradara, penulis naskah, pengisi suara, dan animator ulung. Satu karyanya, Mickey Mouse, di mana Walt sendiri mengisi suara pada karakter itu, berhasil menyedot perhatian penggemar kartun dunia pada awal 1930-an.  

Di jagat hiburan, pemegang 26 trofi Academy Awards itu dikagumi karena inspirasi dan inovasi lewat film animasi serta taman bermain, Disneyland, di berbagai negara. Walt melengkapi popularitas itu dengan imajinasi, optimisme, dan kreativitasnya. Di luar panggung hiburan, Walt sering menyisihkan sebagian kekayaan untuk kegiatan amal. 

Tapi tak banyak pengagum mengetahui perjuangan Walt melawan disleksia. Akibat gangguan itu, pria kelahiran Chicago, Amerika Serikat ini harus belajar lebih keras ketimbang anak-anak seusianya. Dia harus bersekolah di dua tempat: sekolah menengah umum dan akademi seni rupa. Pun mengikuti kursus setiap Sabtu di Kansas City Art Institute. Langkah itu dia lakukan agar bisa menyalurkan potensi menjadi energi positif. 

5. John Lennon (9 Oktober 1940-8 Desember 1980)

Masyarakat dunia mengenal John Lennon sebagai penyanyi legendaris lewat dereta lagu bersama The Beatles. Berkolaborasi dengan Paul McCartney, George Harrison, dan Ringo Star, karakter musik grup band asal Inggris itu cenderung atraktif, ngepop, dan menyuarakan antikemapanan. Sejak 1960-an, suami Yoko Ono itu terlibat dalam berbagai kegiatan amal aktivitas perdamaian. 

Popularitas Lennon berhasil menyihir generasi musik pada masanya, bahkan sampai The Beatles bubar pada 1970. Namun sangat sedikit yang menyadari perjuangan Lennon melawan disleksia kala kecil. Tapi Lennon bukan tipe pemberi tugas. Musik menyelamatkannya dari disleksia. 

Para peneliti menyebut Lennon berhasil menggubah lirik dan lagu karena disleksia. Gangguan mengelola memori itu menyulitkan ia menghapal lirik lagu favorit, sehingga membuat lirik tambang sendiri. Dari situ Lennon menekuni bidang musik sampai wafat pada 8 Desember 1980, setelah ditembak Mark David Chapman, seorang penggemarnya yang gila.

6. Tom Cruise (3 Juli 1962)

Tom Cruise adalah aktor dan produser film yang bersinar di panggung Hollywood. Sebelum melambung lewat film Mission Impossible, pemilik nama asli Thomas Cruise Mapother IV itu mengidap disleksia sejak kecil. Tanpa sungkan, Tom mengakui gangguan yang dia derita di hadapan publik seraya menyakinkan para orang tua soal solusi untuk menanggulangi sindrom itu.

Mantan suami Katie Holmes itu menuturkan selalu tertinggal saat mengikuti pelajaran di sekolah. Dia sempat frustrasi ketika disleksia hampir menghancurkan karier aktingnya. Sebab sebelumnya penyakit ini menggagalkan impian Tom menjadi pilot. 

Tom berhasil melewati masa sulit setelah mengikuti program belajar Scientology yang dikembangkan Ron Hubbard. Hasilnya, Tom mampu mengatasi kesulitan membaca. Dan kini, dia menjadi anggota dewan yayasan penanggulangan kesulitan membaca HELP (Hollywood Education and Literaty Problem), yang bertujuan membantu penderita disleksia.

Hhhmmm BTW ,,, ternyata tidak semua kelemahan menjadi faktor ketertinggalan melainkan motivasi yang tertunda. So di setiap kelemahan ada kelebihan dan di setiap kelebihan ada kukrangan, cerita tadi menjadi inspirasiku, apalagi tokoh cerita tersebut orang-orang yang hebat dibidangnya. SubhanaAllah. makanya kita jangan putus asa dan jangan mudah menyerah sebelum kita tahu kemampuan kita untuk mencapai keinginan. Selalu bersemangat dan terus memotivasi diri sendiri.



Created by: Enong






Semua Orang itu Jenius Termasuk Anda

Hhmm tidak ada bosennya, saya selalu membaca artikel. Dengan dalih ingin menambah wawasan, tapi tidak ada salahnya juga jika setiap artikel yang bermanfaat saya arsipkan di  blogg pribadi ku, bukan sekedar untuk pamer, tapi untuk berbagi pengetahuan. So GUYS semoga bermanfaat buat pembaca.
Sering sekali kita mendengar orang-orang mengkategorikan orang lain berdasarkan kepintarannya, dimulai dari orang bodoh, biasa saja, hingga jenius. Pada kenyataannya, persepsi seperti itu tidaklah benar karena semua orang itu jenius termasuk diri Anda hanya dalam cara yang berbeda. Inilah berbagai tipe kejeniusan manusia, yang manakah Anda?

Jenius?

Secara singkat, makna dari kata "Genius" atau "Jenius" adalah seseorang dengan kapasitas kecerdasan di atas rata-rata. Ironisnya dalam artikel "Kepintaran Bukanlah Segalanya", telah dijelaskan bagaimana masyarakat sekitar kita melihat kapasitas tersebut hanya dalam nilai akademik, yang sebenarnya harus disadari bahwa tidak semua kejeniusan manusia itu sama.
Contoh nyata dapat dilihat dari sebuah permisalan Pablo Picasso dan Albert Einstein. Ya, banyak dari Anda pasti sudah sering mendengar kedua nama ini, Pablo Picasso sebagai pelukis ternama dunia dan Albert Einstein sebagai ilmuwan ternama dunia.
Apabila kita hanya melihat dari sisi bidang fisika, Albert Einstein adalah seseorang yang sangat jenius tapi Pablo Picasso mungkin tidak pernah akan dapat disebut jenius dalam bidang ini. Berbeda halnya jika kita melihat dari sisi kesenian lukisan. Namun kedua orang ini nyatanya memang adalah 2 orang yang jenius hanya saja dalam bidang masing-masing mereka sendiri. Jadi apakah Anda sudah dapat gambarannya?
9 Tipe Kejeniusan Manusia


Untuk menjelaskan lebih lanjut mengenai hal ini, seorang psikolog ternama, Howard Gardner menjelaskan bahwa kepintaran atau kecerdasan manusia yang lebih lanjut lagi disebut sebagai jenius ini, dapat dibagi menjadi 9 tipe kecerdasan.
Kecerdasan Logik MatematikKemampuan seseorang dalam mengatur, mengukur, dan memahami simbol numerik, abstraksi dan logika. Kepintaran inilah yang biasanya diukur secara akademis di sekolah-sekolahan.
Kecerdasan LinguistikKemampuan pengolahan bahasa baik dalam hal pemahaman atau implementasinya secara tertulis ataupun lisan. Sama halnya denga kepintaran logik matematik, kepintaran ini juga biasanya diukur secara akademis
Kecerdasan Visual Spasial: Diartikan sebagai kemampuan untuk mempersepsikan dunia visual dan bagaimana hubungan posisi satu benda dengan yang lain. Hal ini mungkin terdengar agak membingungkan, namun singkatnya dapat dijelaskan sebagai kepintaran terkait melukis, memecahkan puzzle, fotografi dan sejenisnya.
Kecerdasan Kinestestik: Kemampuan yang terkaitkan atas bagaimana seseorang memanfaatkan anggota tubuhnya dalam sebuah cara yang terampil. Di sinilah para atlit olahraga fisik termasuk ahli pantonim unggul dibandingkan orang-orang lainnya.
Kecerdasan MusikalSebagaimana namanya, kecerdasan ini adalah mengenai kemampuan seseorang mengenali dan menciptakan nada, ritme, dan pola suara hingga apa yang kita kenal sebagai "musik."
Kecerdasan IntrapersonalMenjelaskan mengenai seberapa tinggi tingkat kesadaran diri yang dimiliki seseorang. Dimulai dari menyadari kelemahan, kekuatan, hingga perasaan dirinya sendiri. Seorang pemimpin yang sukses setidaknya pasti memiliki kecerdasan interpersonal yang cukup baik baik untuk perkembangan diri ataupun visi kesuksesan mereka.
Kecerdasan InterpersonalBerlawanan dengan kecerdasan intrapersonal, kecerdasan interpersonal adalah kemampuan untuk berkomunikasi dengan orang lain dimulai dari memahami perasaan orang lain hingga kemampuan mempengaruhi orang tersebut.
Kecerdasan NaturalisMerupakan kategori kecerdasan tambahan yang berkaitan dengan kemampuan mengolah informasi lingkungan baik alam ataupun lingkungan sekitar Anda. Contoh sderhana adalah Anda suka di alam bebas, berelasi dengan hewan, atau lebih lanjut lagi dapat meklasifikasikan kehidupan liar seperti tumbuhan dan binatang dengan mudah.
Kecerdasan Eksistensial: Mereka yang mendalami teori kecerdasan ini menyarankan bahwa seharusnya ada tambahan kategori kecerdasan lainnya yang berkaitan dengan kesadaran beragama dan spiritual.

Tapi walaupun diri Anda lebih ahli dalam kecerdasan yang satu dibandingkan yang lain, perlu diketahui bahwa sebenarnya semua manusia memiliki semua 9 kecerdasan ini hanya dalam taraf yang berbeda. Yang satu mungkin ahli melukis, sedangkan yang lain mungkin ahli dalam perhitungan matematis.

Jenius Yang Manakah Anda?

Alm. Steve Jobs, adalah sebuah tokoh yang dipandang dan disebut-sebut sebagai seorang jenius dan pemimpin berkarisma terlebih lagi sebagai pendiri Apple. Dengan berbagai produk visionarisnya, ia membawa peradaban teknologi telepon genggam menjadi suatu kemajuan terbesar di tahunnya.
Namun apakah Steve Jobs merupakan seorang yang jenius?, Menurut seorang ahli biografi ternyata Steve Jobs tidak memiliki tingkat kejeniusan yang dapat dikatakan luar biasa, ia hanya dikategorikan memiliki kepintaran rata-rata.  Akan tetapi, bagaimana ia memanfaatkan kepintaran intrapersonalnya membuat dirinya menjadi seorang jenius.
Dari sini kita dapat melihat bahwa penting sekali untuk kita termasuk Anda mengetahui pada kecerdasan manakah kita lebih baik dibandingkan orang-orang sekitar kita. Selalu cobalah hal-hal baru dan mungkin saja Anda akan menemukan inspirasi hidup Anda yang baru.
--
Singkat kata, sebagaimana kutipan: "Setiap orang itu jenius, tapi jika ANda mengecap sebuah ikan akan kemampuannya dalam memanjat pohon, maka seumur hidupnya ia akan mempercayai bahwa dirinya itu bodoh." — Albert Einstein

Oleh raza dalam Lainnya pada October 14, 2014


10 Langkah Suskes Menumbuhkan Bisnis Kecilmu







Sebuah bisnis dengan penghasilan milyaran rupiah setiap tahunnya tidak dengan mudah dibangun dan menghasilkan keuntungan. Ada banyak jalan dan cara yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan dari mendirikan bisnis di awal tahun mereka. Bisnis kecil tidak akan dengan mudah mendapatkan keuntungan besar ketika upaya mereka hanya begitu – begitu saja. Lalu bagaimana sebuah bisnis kecil bisa mencapai kesuksesan mereka? Kita bisa mengikuti cara – cara berikut ini:

1. Buatlah rencana per quarter

10 langkah mudah menumbuhkan bisnis kecil
Ketika Anda baru terjun ke dunia bisnis dan tidak mampu untuk berfikir rumit untuk perencaan bisnis yang sulit dipahami dan didefinisikan, Anda bisa membuat sebuah perencanaan yang membagi tahun menjadi 4 atau perencanaan per quarter. Dengan begitu Anda akan dengan mudah memantau dan mengoreksi apa saja yang Anda hasilkan dan mengakui kelemahan dan kekurangan Anda.

2. Kolaborasikan strategi pemasaran bisnis Anda

Teruntuk bisnis baru Anda harus berani mencoba banyak hal baru. Jangan hanya terpaku dengan satu cara yang Anda yakini bisa membawa Anda sukses dengan mudah. Strategi pemasaran yang bisa dipelajari dan dilaksanakan bukan hanya satu atau dua macam. Sumber daya Anda cukup banyak, mulai dari yang strategi tradisional hingga yang strategi modern seperti online. Dengan begitu Anda akan dengan mudah menyebarkan informasi kebada banyak orang.

3. Bergabung dengan komunitas lokal

10 langkah mudah menumbuhkan bisnis kecil
Jika Anda ingin memiliki banyak pelanggan jangan hanya menunggu mereka mencari Anda dan membeli produk Anda. Tapi bisnis baru seperti yang sedang Anda bangunlah yang harus bergerak dan mencari mereka. Melalui berbagai percakapan dengan orang baru, komunitas baru dan juga bisa mengikuti event – event yang sedang diadakan. Dari situ kita akan dengan mudah memperkenalkan bisnis kepada orang baru, mengajak mereka untuk bertukar pendapat hingga memberikan mereka rekomendasi untuk datang ke bisnis Anda.

4. Selalu tahu trend terbaru

Sekalipun Anda telah yakin dan tahu apa yang Anda jual akan menghasilkan keuntungan besar, itu tidak akan berhasil ketika Anda tidak tahu atau buta akan trend di masyarakat. Anda yang menjual produk untuk masyarakat harus selalu tahu dan update apa yang sedang menjadi trend di masyarakat. Dengan begitu Anda akan mudah menciptakan produk yang sedang banyak dicari dan digandrungi masyarakat. Itu bukan hanya berlaku untuk produk yang dihasilkan, bisa juga untuk website yang Anda miliki dan strategi bisnis yang Anda jalankan.

5. Selalu memahami audiens

promosi event online
Ini jelas penting bagi Anda, sebagai pemilik bisnis kecil Anda harus mengetahui apa kebutuhan dan keinginan dari audiens atau pelanggan Anda. Anda bisa mengetahui kebiasaan mereka seperti di sosial media, kebiasaan saat melakukan komunikasi dengan Anda sampai dengan memberikan Anda feedback.

6. Pertimbangkan saat merekrut karyawan

Anda juga perlu mempertimbangkan karyawan yang akan bekerja dengan Anda. Memang benar Anda harus fokus mengembangkan bisnis dan mendelegasikan pekerjaan kepada para ahlinya. Itu artinya Anda perlu merekrut beberapa orang untuk membantu Anda menjalankan bisnis. Tapi Anda juga perlu mempertimbangkan siapa yang akan membantu Anda. Alih alih mencari mereka yang membutuhkan kerja, Anda bisa mengutamakan mereka yang memang kompeten dibidangnya.

7. Meningkatkan branding bisnis

Banyak hal yang bisa kita lakukan utnuk meningkatkan branding bisnis, mulai dari menciptakan inovasi baru untuk produk yang sudah lama dipasarkan, hingga mengoptimalkan brand Anda di setiap kesempatan, seperti membuat package produk dengan logo Anda, membuat merchandise untuk pelanggan Anda dan lain sebagainya.

8. Selalu memantau waktu

10 langkah mudah menumbuhkan bisnis kecil
Selain Anda harus mengikuti trend untuk membantu menciptakan produk terbaru, Anda juga bisa memanfaatkan kesempatan atau musim yang sedang terjadi. Anda bisa memanfaatkan event yang sedang atau akan dilaksanakan, seperti moment liburan sekolah, moment libur akhir tahun dan musim tahun ajaran baru anak sekolah. Anda bisa mulai memanfaatkan ini untuk update produk, katalog, website hingga majalah bisnis Anda. Hal ini akan membantu meningkatkan penjualan Anda pada waktu yang bersamaan.

9. Optimalkan website Anda

Website adalah cara lain bagi Anda untuk mempromosikan bisnis Anda. Di era digital seperti sekarang ini, bisnis kecil akan lebih mudah mempromosikan jika dapat memanfaatkan teknologi dengan baik. Mulai dari sosial media hingga website bisnis yang akan membantu Anda menjelaskan apa saja yang Anda jual. Selalu perhatikan tampilan, fungsi dan update terbaru di website Anda. Fokuslah untuk mengembangkan website karena itu dapat membantu Anda meningkatkan penjualan bisnis kecil Anda.

10. Selalu belajar

Dan yang terakhir adalah selalu belajar. Sebagai pemain baru Anda tidak akan mudah untuk mencapai sukses ketika Anda mudah merasa puas terhadap hasil yang Anda capai. Anda harus terus belajar dan memanfaatkan waktu dengan baik. Belajar bisa dari mana saja, dari internet, dari buku, dari mendengar cerita pengalaman orang lain hingga dari pengalaman diri sendiri.
Sumber: Wix.com/blog






11. Cara Membuat Kreativitas Anda Semakin Bertambah







Semua jenis pekerjaan tentu membutuhkan kreativitas dalam melakukan beberapa bentuk kegiatan di dalamnya. Dan setiap orang memiliki kreativitas yang berbeda – beda, ini bisa sesuai dengan hobi, minat, atau bakat orang itu sendiri. Dan terkadang orang akan bingung atau kesulitan untuk memperlihatkan dan menunjukkan kreativitas mereka dalam hal setiap pekerjaan.
Dan untuk membantu Anda menciptakan dan menambah kreativitas dalam bekerja, berikut ini tips mudah yang bisa Anda ikuti:

1. Membaca lebih banyak buku

Salah satu cara ampuh dalam meningkatkan kreativitas Anda adalah dengan menambah wawasan Anda akan suatu hal. Membaca buku lebih banyak dan lebih beragam akan memberikan Anda inspirasi untuk bekerja. Buku yang dibaca juga tidak terbatas buku ilmu pengetahuan, Anda juga bisa membaca majalah, koran, hingga artikel di internet. Membaca buku akan membantu Anda meningkatkan daya ingat terhadap suatu materi. Dengan membaca kreativitas Anda akan muncul seiring dengan bagaimana Anda mencerna informasi yang Anda dapatkan.

2. Mencari referensi atau inspirasi dari internet

Ada banyak website di internet yang menyediakan berbagai jenis ide kreatif yang bisa Anda gunakan, salah satunya TED. Anda bisa membaca berbagai ide yang dimiliki oleh para pebisnis sukses di seluruh dunia, memperlajarinya dan bisa juga mengikuti jejak mereka. Tidak ada salahnya Anda mencoba melakukan ide kreatif yang Anda temukan, tapi tentu saja dengan mempertimbangkan kemampuan, kebutuhan dan keuntungan bagi bisnis Anda.

3. Menggambarlah

Menggambar bukan hanya milik mereka yang sekolah desain, bukan juga bagi mereka yang terlahir dengan bakat seniman terutama seni lukis. Tapi Anda juga bisa menggambar. Dengan menggambar kreativitas Anda juga akan terlahir. Bayangkan saja apa yang Anda inginkan di dalam lingkungan kerja Anda. Jika Anda tipe orang yang sulit mengucapkan sesuatu, maka coba buat itu dalam bentuk gambar. Gunakan saja pensil Anda untuk menggambar tanpa banyak berfikir. Ciptakan gambar sekreatif mungkin, karena ini adalah arena Anda untuk berkreasi.

4. Pergi melancong

Terkadang rasa bosan juga dapat memicu rendahnya tingkat kreativitas seseorang. Jika ini terjadi pada diri Anda, ini saatnya Anda pergi untuk melancong atau traveling. Temukan hal baru, tempat baru dan orang baru saat Anda pergi. Berbagai hal baru itu akan membuat kreativitas Anda meningkat dan ingin melakukan banyak hal.

5. Menggunakan fasilitas umum

Anda juga bisa mendapatkan ide atau meningkatkan kreativitas saat Anda menggunakan fasilitas umum yang disediakan. Seperti halnya ketika Anda menaiki bus kota, Anda akan lebih merasa bersosialisasi dengan banyak orang baru yang jelas tidak Anda kenal sebelumnya. Anda juga akan secara otomatis mengamati bagaimana mereka berbicara, bersikap atau bahkan sekedar style pakaian mereka.

6. Berjalan – jalan

Istirahatkan otak Anda dan ambillah jatah istirahat Anda. Berjalan – jalan menyusuri taman atau pergi ke pantai akan membuat Anda lebih merasa tenang, nyaman dan relax. Ini akan membantu diri Anda meningkatkan mood dan juga meningkatkan kreativitas Anda.

7. Lakukan hobi baru

Jika Anda ingin tantangan lebih di dalam hidup Anda maka cobalah untuk mencari, menemukan dan menjalankan hobi baru Anda. Karena untuk naik satu tingkat dalam hidup Anda harus mengenal, mencoba dan menguji hal baru di hidup Anda, termasuk hobi baru ini. Memiliki hobi baru juga akan meningkatkan komunikasi Anda dengan orang baru.

8. Makan makanan favorit Anda

Tanyakan pada diri Anda, apa yang dapat membuat Anda merasa nyaman dan bisa mendapatkan ide dengan mudah? Jika Anda merasa nyaman saat apa yang Anda sukai bisa Anda dapatkan maka dapatkanlah. Contohnya ketika Anda menemukan makanan favorit, jangan ragu untuk memakannya. Karena ini akan menjadi alasan bagi Anda untuk meningkatkan semangat dan membuat Anda berani mengeksplor kemampuan Anda.

9. Miliki waktu dengan alam

Jika Anda merasa waktu Anda tidak seimbang karena lebih banyak berada di depan layar laptop atau komputer, maka jangan ragu untuk mengambil libur dan pergi ke tempat yang menyuguhkan pemandangan atau keindahan alam. Ini akan membuat pikiran dan tubuh Anda menjadi lebih fresh dan siap untuk lebih kreatif dan produktif. Anda bisa pergi ke pantai untuk melihat matahari terbenam, pergi ke daerah perbukitan untuk melihat matahari terbit dan duduk – duduk di bawah rindangnya pohon.

10. Dengarkanlah musik

Banyak orang yang mengaku mereka bisa bekerja dengan baik dan nyaman ketika sambil mendengarkan musik. Jika Anda demikian, maka lakukanlah. Musik akan merangsang otak kita juga untuk menciptakan hal baru, dan menjadi lebih kreatif. Temukan musik baru yang cocok untuk Anda, dengan begitu Anda akan dengan mudah menerima dan menyerapnya menjadi motivasi.

11. Be Your Self!

Dan yang terakhir adalah menjadi diri sendiri. Kita bisa saja meniru ide atau gaya penyampaian seperti orang lain yang sudah sukses. Tapi ingat saat kita melakukan branding, jangan lupa untuk menjadi diri sendiri. Lakukan apa yang membuat Anda senang tanpa merugikan orang lain. Anda juga harus berani mengambil resiko yang muncul di hadapan Anda. Untuk kreatifitas yang seperti apa yang diinginkan audiens? Kreativitas yang menggambarkan Creatornya.

Sumber : http://mediabisnisonline.com/


Jutawan Kaya Raya Ini Ternyata Mantan Remaja Kuper

Kalau Anda Adalah Remaja Cupu, Tenang Saja, Masih Ada Harapan Bagi Anda Untuk Menjadi Pebisnis yang Super Sukses.
Alexis Ohanian dan Steve Huffman bertemu di kamar asrama kampus mereka. Mereka langsung klop berkat memiliki kecintaan yang sama di dunia video game. Sejak saat itu, mereka mendirikan berbagai macam bisnis patungan hingga pada 2005, mereka berhasil mengembangkan sebuah website yang disebut-sebut paling berpengaruh di dunia: Reddit. Hingga kini, Reddit berhasil menarik lebih dari 1 miliar pageview perbulan, dan kemampuan untuk mengubah sebuah berita biasa menjadi sensasi viral. Setahun setelah mendirikan Reddit, sebuah firma besar membeli Reddit dengan angka yang cukup untuk mengantarkan Ohanian jadi miliuner muda di usianya yang masih 23 tahun. Di dalam buku karangannya, Without Their Permission, Alexis Ohanian menceritakan tentang kisah awal mula Reddit. Banyak sekali pelajaran yang bisa kita ambil dari sini, terutama untuk membuktikan bahwa jalan untuk sukses di dunia Internet itu tidak harus dengan menjual jiwa Anda.

Membangun kepercayaan diri dengan menjajal berbagai macam pekerjaan

Alexis Ohanian memiliki kepercayaan diri yang sangat rendah ketika kecil. Ia adalah anak yang paling  tinggi di kelasnya, gemuk, dengan nama seperti anak perempuan. Maka orang tuanya membelikannya sebuah PC di ulang tahunnya yang kesepuluh, meski mereka tidak mengerti tentang PC. Mereka membiarkan Ohanian melakukan apapun pada PC itu selama ia tidak merusaknya. Saat itulah ia menemukan kecintaannya di dunia komputer. “Saya terlalu fokus pada video game dan komputer untuk tidak menyadari betapa tidak keren saya saat itu.” Hingga di bangku kuliah, ia menjajal berbagai macam pekerjaan. Mulai koki dan pelayan di Pizza Hut, pekerja gudang FedEx, dan petugas parkir. Di usia keempat belas, ia melatih public speaking pertamanya dengan melamar posisi sales pameran yang bertugas mendemokan produk setiap satu jam, meskipun tidak ada satupun yang menontonnya.
“Jika Anda pernah mengalami masa buruk pada public speaking pertama Anda, di ruangan penuh audiens dengan seluruh audiens membenci dan tidak memperhatikan Anda, maka kelak Anda akan baik-baik saja,” katanya.
alexis ohanian kuper Jutawan Kaya Raya Ini Ternyata Mantan Remaja Kuper studentpreneur entrepreneur startup

Menemukan tekadnya di meja makan

“Ayah saya telah bekerja sebagai agen perjalanan selama lebih dari tiga puluh tahun,” katanya. Suatu malam di meja makan, sang ayah curhat tentang keberadaan dunia internet yang mulai mengganggu profesinya. Sumber pendapatannya dibabat habis setelah model pemesanan tiket mulai beralih ke online. “Percakapan di meja makan itu meninggalkan kesan yang mendalam pada saya, bahwa internet adalah alat yang ampuh, namun kejam. Maka, saya memutuskan bahwa saya harus menguasainya.”
Menurutnya, kita harus bersikap oportunis menghadapi pasar yang terus berubah. Ketika perubahan masif terjadi, kita perlu mengidentifikasi model bisnis baru dan beradaptasi. Atau lebih baik, kita perlu menjadi orang-orang yang menyebabkan perubahan masif tersebut. Dan dari percakapan di meja makan itulah, Ohanian menemukan tekadnya untuk selalu menjadi orang yang menyebabkan perubahan.

Memulai sejak dini

Ketika masih di bangku sekolah, ia sudah menjalankan sebuah nonprofit bernama FreeAsBird.org, yang bertujuan untuk membantu nonprofit kecil membangun website mereka. Maka, untuk promosi, ia menyebarkan email pada banyak kliennya. Tentu saja, para klien tidak tahu jati diri Alexis Ohanian sebagai anak sekolahan. “Di sekolah, saya hanyalah seorang anak. Di dunia online, saya punya otoritas. Orang tua saya tidak mempermasalahkannya, meskipun saya kira mereka tidak tahu kalau saya mengirim email pada orang-orang asing.”

Pernah ditolak

Di bangku kuliah, model bisnis yang digagasnya dengan Steve Huffman, MyMobileMenu, pernah ditolak dari kelas entrepreneur. Kemudian ia membawa bisnisnya ke Singapura untuk bertemu langsung dengan Paul Graham, pemilik Y Combinator. Meski sempat menjalin sesi wawancara, sekali lagi model bisnisnya ditolak. Sempat depresi, pagi harinya ia kembali mendapat telepon dari Paul Graham. Katanya, “Maaf, kami membuat kesalahan. Kami tidak menyukai ide kalian, tapi kami menyukai kalian.”
Maka, pada kesempatan wawancara kedua, mereka membawa ide baru. Kali ini, mereka berhasil meyakinkan Graham tentang sebuah content aggregator yang bisa dikontrol pengguna. Inilah cikal bakal Reddit, dengan elemen utamanya, panah voting atas dan bawah yang mampu memberikan kontrol terhadap nasib cerita. Reddit kemudian berkembang sebagai sebuah situs crowdsourcing konten yang merupakan salah satu situs top 40 dunia. Barrack Obama bahkan membuka forum “ask me anything” disini. Reddit juga berhasil mewadahi gerakan protes di seluruh dunia terhadap Stop Online Piracy Act, hingga meningkatkan lebih dari $100.000 untuk Donor’sChoose.org.

Ada hal yang lebih susah daripada dunia entrepreneur

Hanya sebulan setelah mendirikan Reddit, Alexis menerima kabar bahwa pacarnya sedang koma. Bertepatan dengan itu, ia mendapat kabar bahwa ibunya menderita tumor otak. Ketika kemudian sang ibu meninggal, Alexis kemudian memahami pentingnya menghargai hidup dengan melakukan hal yang hanya dicintainya saja.
“Saya menempelkan tulisan ‘live remaining: 0’ di dinding kamar saya. Jika hidup itu seperti video game, maka Anda cuma punya satu kesempatan,” katanya. “Menjadi seorang entrepreneur adalah keputusan terbaik yang bisa saya buat.”
Menurutnya, menjadi entrepreneur memberinya kebebasan untuk memprioritaskan keluarga  tanpa mengorbankan pekerjaan. Hingga kini, selama lima tahun terakhir, ia telah meluncurkan berbagai macam bisnis, di antaranya sebuah perusahaan sosial (Breadpig), situs pencari travel (Hipmunk), dan sebuah perusahaan investasi (Das Kapital Capital) yang memiliki saham di 25 startup. Ini adalah pencapaian besar bagi pemuda yang berhasil mencapai status multi miliardernya di usia 23 tahun.
HHmmmm, Hebat juga. Sesuatu tidak mudah untuk mendapatkannya, maka dari itu berusaha dan tekad yang kuat itu harus. Good luck n Good Job for u all!

Sumber:  http://studentpreneur.co/


6 Kiat Untuk Menghilangkan Kekhawatiranmu Soal Uang



Uang dan kepemilikan materi kerap jadi patokan bagi keberhasilan seseorang di dunia. Saat seseorang punya rekening yang gendut dan bisa hidup layak, orang-orang di sekeliling akan menganggapnya sebagai orang yang berhasil. Begitu pun sebaliknya, ketika kantung seseorang tipis hingga tak bisa hidup mewah — orang di sekitar melabelinya sebagai pribadi yang tak sukses.
Maka wajar rasanya jika kita sering khawatir pun cemas karena masalah uang. Selalu was-was saat harus berurusan dengan urusan mata uang pembayaran yang satu ini. Tapi tahukah kamu, kecemasan atas uang tersebut sebenarnya tak akan membawamu ke manapun? Kenapa dan bagaimana cara mengatasinya? Hipwee akan kupas di sini.

1. Ketahuilah Bahwa “Masalah” dan “Kecemasan” Adalah Dua Hal yang Berbeda
Kecemasan dan masalah adalah 2 hal berbeda
Kecemasan dan masalah adalah 2 hal berbeda via feminspire.com
Saat kita ketar-ketir karena urusan materi, kita kerap merasa bahwa ada yang salah dengan kondisi finansial kita saat ini. Tabungan kurang banyak, ada angsuran wajib yang harus dibayar, sampai ketakutan cadangan uang tak mencukupi hingga akhir bulan. Kenyataan bahwa masalah dan kecemasan adalah 2 hal yang berbeda kerap luput dari pertimbangan.
“Masalah adalah hal yang penting dan mendesak. Ia membutuhkan aksi cepat untuk menyelesaikannya. Berbeda dengan kecemasan, inti kecemasan sebenarnya terletak di otak orang yang khawatir. Cara untuk mengatasi kecemasan adalah dengan mengubah pola pikir.”
James Gordon Gilskey, How Not To Worry
Setiap rasa cemas datang, jangan langsung mempercayai tipuan otak bahwa sedang ada masalah dengan kehidupan finansialmu. Teliti dulu dengan seksama. Cek kondisi rekening, perhitungkan pemasukan dan pengeluaran, pertimbangkan skenario terburuk yang mungkin datang. Jika tak ada yang mesti dikhawatirkan, kenapa harus menghabiskan waktu dengan cemas?

2. Tumpahkan Kecemasanmu, Tuliskan Mereka Dalam Sebuah Jurnal

Tumpahkan kecemasanmu dalam sebuah jurnal
Tumpahkan kecemasanmu dalam sebuah jurnal via thecollegeclosets.blogspot.com
Rasa cemas yang berkecamuk di kepala kadang jadi lebih bisa diatur saat ia dituliskan. Dengan menggerakkan tangan dan menulis, secara tidak sadar otak kita sebenarnya sedang berusaha menyusunnya ke dalam keping-keping yang lebih sistematis. Maka dari itu, setiap kecemasan soal uang datang — ambil pena, buka jurnal, kemudian tuliskanlah kecemasan yang kamu rasakan sesuai dengan urutan.
Cara ini bisa membuatmu lebih tahu hal mana yang benar-benar merupakan hal yang layak dicemaskan dan mana yang bukan. Menuliskan kecemasan juga membuatmu merasa lebih punya daya untuk mengatasinya. Saat kamu bisa menuliskan dan mengurutkan masalah sesuai urjensinya, berarti kamu juga pasti bisa menemukan solusinya.

3. Perhitungkan Pengeluaran Tak Terduga Di Awal Tahun Agar Dana Cadangan yang Kamu Sisihkan Tiap Bulan Cukup Untuk Menutupnya

Perhitungkan pengeluaranmu dengan cermat
Perhitungkan pengeluaranmu dengan cermat via olivia-and-sophie.blogspot.com
Disadari atau tidak, pengeluaran yang sering jadi biang keladi saat kita miskin mendadak adalah berbagai pengeluaran tak terduga. Hadiah untuk kawan dan sanak saudara yang baru menikah, biaya perawatan kerusakan mobil dan rumah, hingga dana kesehatan yang tak bisa diprediksi kapan datangnya.
Nah, cara mengatasi agar pengeluaran tak terduga tidak lagi “merampok” rekeningmu adalah dengan memperhitungkannya di awal tahu. Estimasikan saja sesuai besaran pengeluaran tak terduga dari tahun per tahun. Jangan lupa naikkan 5-10%, sebab inflasi pun biasanya meningkat secara periodik.
Lewat cara ini kamu jadi tahu berapa banyak uang yang harus kamu sisihkan setiap bulannya. Lagipula tidak lucu ‘kan jika upaya menyisihkan uang tiap bulan demi kebutuhan tak terduga gagal membantumu menghadapi berbagai kejutan finansial?

4. Sesuaikan Waktu Membayar Seluruh Tagihan Dengan Waktu Gajian

Bayar tagihan  di waktu gajian
Bayar tagihan di waktu gajian via www.popsugar.com
Kesalahan yang sering dilakukan banyak orang adalah tidak membayar tagihan sesuai pemasukan yang mereka dapatkan. Dampaknya, mereka akan kehilangan perhitungan mengenai berapa yang sesungguhnya mereka hasilkan dan berapa banyak yang bisa mereka keluarkan. Agar pengeluaranmu kebih tertata hingga kamu tak perlu lagi khawatir, cobalah sesuaikan waktumu membayar tagihan dengan waktumu menerima uang.
Setiap kamu menerima uang, langsung tentukan uang tersebut akan kamu gunakan untuk keperluan apa. Habis dapat honor mengajar, misalnya. Putuskan apakah uang tersebut untuk belanja buku, biaya sekolah anak, atau membayar SKS kuliah buat kamu yang masih mahasiswa. Patuhi aturan ini dan tegaslah pada diri sendiri. Pemasukan tersebut HANYA BOLEH digunakan untuk pengeluaran yang sudah direncanakan.
Jika kamu disiplin melakukan ini, tak akan ada lagi kekagetan saat mengetahui pengeluaranmu tak sebanding dengan pendapatan. Sebab kamu sungguh-sungguh membayar sesuai dengan besaran uang yang kamu terima di rekeningmu.

5. Selalu Gunakan Uang Tunai Untuk Kebutuhan-Kebutuhan Kecil

Gunakan uang tunai untuk kebutuhan kecil
Gunakan uang tunai untuk kebutuhan kecil via www.huffingtonpost.com
Sesekali menggunakan kartu kredit tentu tak masalah. Terlebih jika menggunakan kartu kredit bisa memberimu penawaran harga yang lebih murah. Tapi, jangan biasakan diri terjebak pada praktisnya menggesek kartu. Kartu kredit hanya boleh kamu gunakan untuk kebutuhan yang besaran pengeluarannya bisa terprediksi. Untuk kebutuhan-kebutuhan kecil, usahakan selalu gunakan uang tunai.
Taktik ini bertujuan agar kamu tak kehilangan kendali atas besarnya cicilan kartu kredit yang harus dibayar. Pengeluaran tetap kemungkinan besar akan bisa tercukupi dari jumlah uang di rekeningmu. Sedang kebutuhan tak terduga dan kebutuhan kecil lainnya justru belum tentu. Alih-alih membiarkan dirimu menggunakan kartu kredit, lebih baik berikan “uang saku mingguan” yang bisa kamu gunakan untuk membayar kebutuhan sehari-hari.

6. Ketahuilah Bahwa Uang Tidak Selalu Bisa Menjamin Hidupmu Akan Baik-Baik Saja

Bahagia tidak hanay datang dari uang
Bahagia tidak hanya datang dari uang via www.huffingtonpost.com
Banyak orang menganggap uang bisa memberikan jaminan dan ketenangan. Seakan uang adalah juru selamat yang bisa membawa kita keluar dari berbagai masalah. Uang jadi kerap diidentikkan dengan kualitas kehidupan. Semakin banyak uang yang kamu miliki, semakin baik pula kualitas hidupmu. Pun berlaku untuk sebaliknya.
Padahal hidup bukan cuma soal materi. Ada hal-hal lain selain tentang uang dan kekayaan yang terus berputar di sekeliling setiap hari. Banyak atau sedikit uang, toh kita tetap bisa patah hati. Kaya atau miskin, kita tetap punya kesempatan untuk gagal dan kecewa. Banyak sedikitnya uang yang kamu miliki tidak menjamin hidupmu akan terus baik saja.
Mari kita simak nukilan dari tulisan John Armstrong dalam bukunya “How To Worry Less About Money“, tentang hubungan antara harapan atas kehidupan yang lebih baik dengan kepemilikan uang:
“Kehidupan baik yang kamu harapkan akan tercipta dengan banyaknya uang yang dimiliki itu tetaplah sebuah kehidupan biasa. Di dalamnya akan ada kekecewaan, kesendirian, hingga rasa sedih mendalam karena kehilangan orang-orang tersayang. Untuk mendapatkan kehidupan yang BAIK kamu harus tetap merasakan semua hal tersebut.”
Semoga kita bisa mandiri dalam berbagai hal. Sehingga menjadikan kita lebih dewasa dan bermakna dalam menjalani kehidupan.

Referensi:
http://www.hipwee.com/


Pernah tahu atau mendengar kata – kata animasi? Ya, sebuah gambar atau ilustrasi yang diciptakan lalu kemudian dibuat seolah – olah sebagai wujud 2 dimensi dari manusia atau makhluk lainnya. Sebenarnya kita sudah akrab dengan animasi baik yang 2 dimensi maupun yang 3 dimensi. Contohnya saja, film kartun yang sering kita lihat, mereka adalah salah satu contoh dari animasi buatan manusia. Dan siapa sangka beberapa dari animasi yang sudah mendunia adalah karya dari anak bangsa.
Indonesia patut berbangga memiliki anak bangsa yang berpotensi menciptakan berbagai karya yang mampu dikenal dan dinikmati oleh seluruh manusia di belahan dunia manapun. Dan berikut ini 10 diantaranya:

1. Rini Triyani Sugianto, animator jurnalis terkenal dunia

Rini Triyani Sugianto
sumber: apakabardunia
Pernah mendengar atau menyaksikan film The Adventur of Tintin? Jika ia maka kita patut berbangga karena salah satu tim yang terlibat dalam pembuatan film animasi tersebut adalah orang Indonesia. Rini yang menjadi lulusan S2 dari Academy of Arts di San Francisco, California, AS ini kini bekerja di sebuah perusahaan WETA digital di Selandia Baru.
Dari yang awalnya sangat mencintai karakter fiksi seorang jurnalis berjambul Tintin, ia turut serta dalam project pembuatan serial Tintin “The Adventur of Tintin: Secret of The Unicorn”. Bahkan ia juga masuk dalam tim proyek film animasi The Avengers dan Iron Man 3. Keren kan :D

2. Wira Winata, pembuktian bahwa hobi bisa menjadi ladang rezeki

Wira Winata
Sumber: Inilah.com
Siapa bilang sebuah hobi tidak bisa dikembangkan menjadi sebuah profesi yang menghasilkan uang? Wira Winata mampu membuktikan itu. Seorang pria lajang berusia 30 tahun yang merupakan lulusan Nanyang University, Singapura ini memang sangat suka menggambar tokoh – tokoh kartun sejak masih kecil. Bukan hanya Donald Duck, Supermen, Batman, Spiderman dan Flash Gordon, tapi ia juga pernah menggambar tokoh animasi yang ia ciptakan sendiri.
Dan dari yang awalnya hanya menempuh pendidikan Desain Produk, kini ia terbang dan menuntut ilmu di Pasadena. Memilih untuk mempeljari desain produk lebih mendalam di Art Centre College of Design.

3. Andre Surya, Iron Man2 lukisan indah pendiri EnspireStudio

Andre Surya
Sumber: maricari
Salah satu anak negeri yang turut menyumbang kebanggaan bagi Indonesia adalah Andre Surya. Seorang Digital Artist Indonesia pertama yang kini menjadi bagian dari tim digital perusahaan efek terbesar di dunia, yaitu Industrial Light and Magic (ILM) LucasFilm cabang Singapura. Setelah sukses selama 10 tahun di kancah global, kini Andre Surya tengah disibukkan dengan pembangunan dan pengembangan perusahaannya sendiri yaitu Studio EnspireStudio.
Bahkan jika Anda pernah menonton beberapa film animasi berikut, Star Trek, Terminator Salvation, Indiana Jones and the Kingdom of the Crystal Skull, Iron Man 2, Dan Transformers: Ravenge of the Fallen, maka itulah salah satu bukti keterlibatan tangan dingin dari Andre Surya.

4. Marsha Chikita Fawzi, anak artis ternama yang menjadi animator

Marsha Chikita Fawzi
Sumber: miss-bellafawzi.blogspot.com
Jika Anda suka dengan serial kartun khas Malaysia “Upin Ipin”, maka jangan kaget ketika Anda tahu bahwa animatornya adalah orang Indonesia. Marsha Chikita Fawzi yang merupakan anak dari seniman Ikang Fawzi dan Marissa Haque yang memang menyukai dunia animasi pernah menjadi anak magang di perusahaan Las’ Copaque Production. Perusahaan tersebutlah yang menjadi rumah produksi dari serial animasi Upin Ipin. Karena kinerja dan bakat yang luar biasa, sejak awal 2010 Marsha diangkat sebagai pegawai disana.
Namun kini ia kembali ke Indonesia dan berniat untuk mendirikan perusahaan animasi khas Indonesia. Dengan harapan bahwa Indonesia akan memiliki Intelectual Property (IP) yang menggambarkan Indonesia.

5. Christiawan Lie, komikus berprestasi pendiri Caravan Studio

Chris Lie
Sumber: Kakus.co.id
Lulusan ITB dan peraih beasiswa full bright di jurusan Sequential Art(komik) di Savannah College of Art and Design, Amerika Serikat membawa Chris Lie menjadi salah satu dari kesuksesan film animasi besar dunia. Sebut saja Transformers 3, GI Joe, Spidermen 4 Starwars dan Lord of the Rings. Kecintaannya pada animasi kelas dunia tidak membawa pria berusia 40 tahun ini meninggalkan Indonesia. Bahkan kini ia telah mendirikan Caravan Studio di Indonesia.
Bukan hanya animator, Chris Lie juga dikenal sebagai seorang komikus hebat. Salah satu pembuktiannya di bidang komik adalah ketika karyanya terpilih dalam pembuatan GI Joe Sigma 6. Ia jualah yang membuat komik Baratayuda dan berhasil meraih penghargaan sebagai cerita dan komik anak terbaik tahun 2011 di Anugerah Komik Indonesia.

6. Michael Reynold Tagore, seorang desainer pakaian animasi

Michael Reynold Tagore
Sumber: Indonesianow.blogspot.com
The Hobbit, The Avenger dan Iron Man 3 memang sebuah film animasi yang sangat menampilkan betapa detailnya para animator dalam membuat animasinya. Jika Anda merasa penasaran siapa pembuatnya, maka Michael Reynold Tagore adalah jawabannya. Pria yang bekerja di WETA Digital, Selandia Baru yang turut memproduksi film The Hobbit: AN Unexpected Journey dan Iron Man3. Michael adalah seorang desainer tekstur kortum dari film – film tersebut.

7. Pamela Halomoan, gadis 19 tahun sang animator terkenal

Pamela Halomoan
Sumber: Swa.co.id
Wanita cantik ini ternyata adalah seorang animator terkenal. Karyanya sudah dinikmati di beberapa negara, seperti Singapura, Amerika, Ingrris dan Turki. Salah satu karakter terkenal yang pernah ia buat adalah Wolly. Wolly adalah sebuah karakter buatannya yang digambarkan dengan muka seekor babi dengan mata setengah terbuka dan diikuti bentuk badan penggabungan dari beberapa hewan.

8. Ridwan Chandra, si pembuat objek animasi real

Tahukan Anda jika film Star Wars adalah serial televisi yang melibatkan orang Indonesia. Ridwan Chandra, seorang CG Artist asal Indonesia merupakan animator Indonesia yang ikut membuat film Star Wars Clone Wars. Kini ia menjadi salah satu karyawan di perusahaan animasi terbesar dunia, yaitu LucasArts milik George Lucas.

9. Griselda Sastrawinata, animator Kungfu Panda asal Indonesia

Griselda Sastrawinata
Sumber: Animationexpress.com
Buat Anda yang suka dengan film Shrek, Kungfu Panda, Madagascar dan Monster Aliens Inc, maka Griselda ada dalam salah satu anggota tim yang menggarap film terkenal itu. Wanita berusia 32 tahun ini merupakan lulusan Art Center College of Design (ACCD) di Pasadena, California AS. Bergelar Bachelor Fine Art membawanya menjadi salah satu karyawan di studio animasi Dreamworks Studi. Bukan hanya menjadi seorang animator, ia juga mengajar Ilmu Komunikasi Visual di kampus almamaternya.

10. Ronny Gani, otodidak membawanya menjadi animator film transformers

Ronny Gani
Sumber: VOAIndonesia.com
Menjadi salah satu animator kelas dunia adalah impiannya. Karena ketekunannya, ia mampu menjadi salah satu karyawan di sebuah perusahaan film animasi yang berbasis di Singapura, yaitu Industrial light & magic, anak perusahaan dari LucasFilm. Bahkan Transformers: Age of Extinction adalah salah satu proyek garapan pria yang belajar animasi secara otodidak ini. Ia mampu mengimbangi waktu kuliah di bidang Arsitektur Universitas Indonesia dengan mulai mempelajari software 3D dan animasi.
Film animasi yang selama ini kita tonton dan kagumi melibatkan anak Indonesia yang sangat berprestasi. Pantas jika mereka diberikan gelar sebagai#PahlawanDigital bagi Indonesia. :)
Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Semoga bermanfaat