Selasa, 21 Oktober 2014

Healthy

7. Cara Agar Bisa Bangun Pagi Dengan Segar dan Bugar
Tips agar bisa bangun pagi dengan lebih segar dan bugar
Tips agar bisa bangun pagi dengan lebih segar dan bugar
Hampir setiap orang percaya bahwa bangun pagi adalah sesuatu hal yang sulit untuk dilakukan.  Anda sudah membuka mata, kemudian memikirkan pekerjaan hari ini malah membuat anda untuk menutup selimut lagi. Dan faktanya, ternyata banyak orang yang bangun pagi dengan kondisi sakit kepala yang cukup mengganggu, tidak mood, atau bahkan merasakan sakit di sekujur badan. Karena kebanyakan dari kita tidak punya pilihan untuk bangun pagi, Anda harus melakukan apapun yang bisa anda lakukan dan membuat pagi anda menjadi lebih baik. Berikut adalah 7 langkah yang mungkin bisa membantu anda agar bisa bangun pagi dengan lebih segar dan bugar.

1. Jangan makan sebelum tidur
Bahkan ketika kita tidur, sistem pencernaan kita tetap akan bekerja dan berjalan seperti biasa. Jika anda makan dua potong pizza langsung sebelum tidur, Anda mungkin akan bangun pagi dengan perasaan yang sangat lelah atau malas, karena sistem pencernaan anda akan bekerja keras sepanjang malam untuk mencerna pizza yang anda makan tersebut. Ini lebih baik untuk menghindari makan larut malam, sehingga lambung memiliki beberapa waktu untuk mencernanya, dan memberikan waktu untuk liver dan limpa bekerja. Untuk makan malam anda pilihlah makanan yang sehat dan bernutrisi untuk membantu agar tidak merasa lapar ketika hendak tidur, tetapi jangan kekenyangan.

2.Tidur cukup
Anda sudah merasa sangat lelah, namun masih tetap menonton TV untuk menunggu salah satu episode yang anda tunggu-tunggu? Hal itu sangat tidak baik. Setiap tambahan jam tidur akan sangat bermanfaat terhadap apa yang anda rasakan di pagi harinya. Meskipun anda ingin tetap selalu bekerja dari setiap detik waktu anda, biarkanlah diri anda untuk tidur pada jam-jam wajar. Orang dewasa harus tidur antara 6-8 jam dan rata-rata 7,5 jam. Waktu tidur yang pendek dari biasanya akan mengahasilkan dampak yang tidak baik untuk kesehatan anda. Tidurlah lebih awal agar bisa mencapai target bangun pagi anda.

3. Jauhkan layar Monitor dan LCD Screen
Selama beberapa tahun terakhir analisis tentang tidur telah mengusut kedalam dampak “Polusi cahaya”. Cahaya biru yang dipancarkan dari cas telepon seluler dan tablet akan mengganggu pembentukan Melatonin, semacam hormon tidur, yang akan menyebabkan gangguan tidur dan bahkan berat badan. Lebih jauh lagi, orang yang tidur dengan smartphone didekat kepalanya  cenderung selalu ingin mengintip smartphone tersebut bahkan sebelum mereka tidur.


4. Olahraga pagi
Kelihatannya mungkin sangat sulit untuk bangun dan lari pagi. Tetapi jika anda bisa me-manage perasaan anda dan mulai bergerak, sepanjang hari anda akan terlihat berbeda. latihan fisik membuat aliran darah lancar dan meningkatkan kadar oxygen dalam tubuh anda. Ketika ini terjadi di pagi hari, tubuh anda akan mengirim sinyal positif yang akan membuat level energi anda meningkat lebih tinggi sepanjang hari, Riset mengatakan bahwa dengan melakukan olahraga di pagi hari akan meningkatkan metabolisme yang pada gilirannya akan membantu mnurunkan berat badan juga.

5. Jam Alarm
Untuk tips kali ini cobalah untuk bangun pagi tanpa bantuan alarm, tetapi dengan mengatur alarm biologis kita sendiri. Kita bisa melakukan itu dengan cara tidur dan bangun pagi dengan waktu yang tepat sama setiap hari. Jika anda melakukan ini cukup lama, Anda akan menyadari bahwa anda akan bangun pagi 2 menit sebelum alarm berbunyi. Tetapi sampai hal tersebut bisa anda lakukan, cobalah untuk menaruh alarm jauh dari anda sehingga anda tidak bisa tidur kembali.

6. Metode bangun pagi secara fisik
Apakah anda tipe orang yang tetap di tempat tidur selama beberapa menit atau langsung keluar dan menggosok gigi, tindakan fisik meninggalkan tempat tidur haruslah secara pelan dan setenang mungkin.

7. Segelas air putih
Kebanyakan orang memulai harinya dengan meminum segelas kopi, tetapi kopi memberikan terlalu banyak enegi  untuk tubuh yang sedang tidur. Akan lebih baik untuk memulai hari Anda dengan dua gelas air hangat. Minum 8 gelas air dalam sehari dapat membantu menurunkan berat badan, melancarkan metabolisme tubuh, dan bahkan menghilangkan kulit yang berminyak. Pengobatan China mengatakan bahwa menambahkan lemon pada air minum bisa membantu membersihkan tubuh dari toxin dan membuat hari-hari kita lebih sehat.

Sumber: http://www.alatseo.com/2014/10/7-cara-agar-bisa-bangun-pagi-dengan.html

Risiko Penyakit yang Mengintai Mereka yang Kerja dan Begadang Malam
Minggu, 19 Oktober 2014 04:48 WIB


TRIBUNNEWS.COM -  Bekerja saat orang tidur di malam hari dan tidur saat orang-orang bekerja bisa menimbulkan risiko berbagai macam penyakit jika dilakukan terus menerus. Bekerja pada malam hari dapat mengganggu irama sirkadian atau proses biologis tubuh manusia selama 24 jam.
Direktur medis dari laboratorium tidur Universitas Kentucky, Barbara Phillips mengatakan, hal ini membuat kualitas tidur Anda menjadi buruk. Kondisi ini menyebabkan sekresi sejumlah hormon dalam tubuh.
"Pekerja shift malam secara konsisten mengalami kurang tidur 1-3 jam dalam waktu 24 jam dibanding pekerja non-shift. Tidur mereka mungkin lebih terfragmentasi dan kualitasnya rendah," kata Phillips.
Phillips menjelaskan, pekerja di malam hari atau kurang tidur akan menimbulkan risiko berbagai masalah kesehatan.
"Pekerja shift malam memiliki peningkatan risiko obesitas, kanker prostat untuk pria, kanker payudara pada wanita, bisul, komplikasi kehamilan, diabetes dan penyakit jantung," kata dia.
Sebuah studi 2012 yang diterbitkan jurnal Occupational and Environmental Medicine pun menunjukkan, bekerja malam hari dapat meningkatkan risiko kanker sebesar 40 persen pada wanita. Survei ini dilakukan terhadap 18.500 wanita Denmark yang bekerja malam malam hari tahun 1964 dan 1999.
Terkait risiko diabetes, sebuah studi tahun 2013 yang juga diterbitkan jurnal Occupational and Environmental Medicine menemukan bahwa kerja malam hari dapat meningkatkan risiko diabetes sebesar 9 persen. Risiko ini utamanya disebabkan pola makan yang buruk dan perubahan metabolisme tubuh karena berkerja pada malam hari.
Phillips mengatakan, tidur malam dapat mengurangi produksi hormon melatonin atau hormon tidur. Padahal, hormon ini dinilai dapat mencegah kanker.
Sementara itu, asisten profesor psikologi dan ilmu perilaku University Argosy di Arlington, Virginia, Stephanie Dailey mengatakan, kerja pada malam hari tak hanya mempengaruhi kesehatan fisik, tetapi juga mental dan emosional seseorang. Menurut dia, seseorang yang bekerja pada malam hari lebih mudah merasa gelisah dan kemampuan kognitifnya menurun.
"Anda mengalami penurunan kemampuan untuk memperhatikan, ini menjadi masalah untuk banyak pekerjaan yangmembutuhkan presisi. Kemampuan kognitif pun menurun sehingga menghambat pekerjaan Anda," kata Dailey.
Dailey mengatakan, mereka yang bekerja shift malam juga diketahui memiliki tingkat stres lebih tinggi. Mereka mudah cemas dan depresi.

Untuk membuat kualitas tidur yang baik, Dailey menyarankan seseorang untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap harinya. Hindari bekerja shift malam dalam kurun waktu yang cukup lama. 


Referensi
http://www.tribunnews.com/kesehatan/2014/10/19/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Semoga bermanfaat